Pemrograman Dasar Di SMK Multimedia Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 telah datang, siap tidak siap semua sekolah harus menggunakannya. Kurikulum yang menghabiskan dana sangat besar ini memang harus dilaksanakan pada semua tingkat sekolah, walau ada banyak guru masih gagap karena belum merasakan pelatihan tentang Kurikulum 2013. Terutama di SMK dengan ranah TIK seperti Teknik Komputer & Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Multimedia.
Khusus di SMK dan SMA ada mapel-mapel yang dikelompokkan menjadi kelompok C1, C2 dan C3. Pada SMK dengan ranah TIK pun ada beberapa mapel baru pada kelompok C1, C2 dan C3 terutama di TKJ dan Multimedia. Salah satunya adalah mata pelajaran Pemrograman Dasar. Melihat silabus Pemrograman Dasar di C1 yang saya dapat, ada beberapa garis besar materinya seperti ini,
Materi kelas X :
- Algoritma Pemrograman
- Algoritma percabangan
- Algoritma perulangan
- Bahasa pemrograman
- Tipe Data, Variabel, Operator dan Ekspresi
- Struktur Kontrol Percabangan
- Struktur Kontrol Perulangan
- Pengembangan Algoritma Aplikasi
Sedangkan materi di kelas XI adalah sebagai berikut :
- Operasi Aritmatika dan Logika
- Array
- Operasi String dan Konversi Data
- Pointer
- Fungsi
- Pencarian dan Pengurutan Data
- Pengembangan Aplikasi
Jika dilihat pada susunan materi di atas, mungkin pembuat dan penyusun Kurikulum 2013 untuk paket keahlian Multimedia ini mengharapkan agar siswa tidak hanya menggunakan software saja tapi juga menjadi paham akan isi, prosedur dan langkah-langkah dalam membuat sebuah program sebagai solusi pemecahan masalah menggunakan komputer.
Jadi pada intinya, penyusun Kurikulum 2013 untuk ranah TIK ini berniat mengingatkan (dan mungkin membawa) kembali bahwa akar dan kodrat Multimedia adalah TIK walau jika dilihat sebenarnya sebagian besar TIK di paket keahlian Multimedia (dulunya kompetensi keahlian) hanya sebagai tool atau alat untuk membuat konten multimedia. Sedangkan untuk membuat program itu sendiri sebenarnya sudah menjadi 'jatah' anak RPL.
Jadi pada intinya, penyusun Kurikulum 2013 untuk ranah TIK ini berniat mengingatkan (dan mungkin membawa) kembali bahwa akar dan kodrat Multimedia adalah TIK walau jika dilihat sebenarnya sebagian besar TIK di paket keahlian Multimedia (dulunya kompetensi keahlian) hanya sebagai tool atau alat untuk membuat konten multimedia. Sedangkan untuk membuat program itu sendiri sebenarnya sudah menjadi 'jatah' anak RPL.
0 komentar:
Post a Comment